GGG

Perkembangan saat ini membuktikan bawah proses konseling dengan media kartu tarot sudah menjadi kebutuhan ekonomi, artinya pada setiap sesi konsultasi dengan tarot ada “nilai’ yang harus dibayar oleh klien sebagai ‘honorarium’ atas jasa konsultasinya. Maka, tidaklah heran banyak orang yang berminat untuk mempelajarinya baik dari teman secara gratis/barter, pelatihan atau secara otodidak.

Kesemuanya telah memberi gambaran bahwa belajar tarot bisa dipelajari oleh siapa saja dan tidak harus seseorang yang memiliki indra ke enam apa lagi menggunakan ‘jampi-2’ mistik. Dengan demikian semangkin banyak orang yang ‘bisa’ menggunakan tarot, semangkin banyak pula cara, gaya dan metode yang diterapkan oleh sang pewacana tarot.

Kalau begitu, apa perlu SERTIFIKASI Tarot (Nusantara) ?

Nah, hal inilah yang saya bahas ! Sertifikasi merupakan topik yang menarik pada komunitas tarot dimanapun, tidak terkecuali di Indonesia. Ada banyak sudut pandang yang saling bertentangan, apakah perlu atau tidak seorang pewacana Tarot membutuhkan sertifikasi profesi ? (bukan sertifikat lho !). Bagi saya, tentu akan kesulitan ketika sang pewacana tarot yang tidak memiliki arah dan ‘pakem’ dari kualitas yang diterapkan, bahkan secara tak disadari kadang sang pewacana tarot mengutarakan pembenaran atas persepsi yang diyakini dan bukan mencari kebenaran, solusi serta resolusi dari apa yang dirasakan dan dialami. Memang seyogyanya kita menjadikan seni wacana tarot sebagai bagian profesi yang menjanjikan walaupun tidak ada selembar kertas yang dapat menjamin bahwa seorang pewacana melakukan hal yang terbaik.

Dalam hal ini saya tidak ingin terjebak dengan pro – kontra, tetapi saya bertujuan untuk membuat kita merenung mengapa kita membutuhkan sertifikasi tarot dan memberikan beberapa alasan yang positif untuk mempertimbangkan ketika kita memilih untuk bersetifikasi tarot.

  • Dengan memiliki sertifikasi dapat meyakinkan klien atau masyarakat umum bahwa kita adalah anggota dari sebuah lembaga yang berbadan hukum resmi, dan memiliki ketrampilan khusus yang dibutuhkan.
  • Bahkan jika kita tidakpernah berencana untuk membaca untuk siapa pun kecuali diri sendiri, sertifikasi tarot dapat berfungsi sebagai cara untuk mengukur kemajuan sebagai pewacana.
  • Beberapa orang yang mendukung sertifikasi telah menyatakan bahwa Tarot Nusantara memiliki pengetahuan substantif yang dapat diuji, dan cukup beralasan untuk mengharapkan basis pengetahuan minimal bagi si pewacana tarot.
  • Sertifikasi menyatakan bahwa pewacana tarot yang sah tidak perlu takut dari proses sertifikasi yang dibentuk oleh sekelompok teman yang memiliki visi dan metode sama. Hal ini memberikan satu kesamaan dalam kajian-kajian khusus.
  • Dengan memiliki sertifikasi, baik diri sendiri atau orang lain akan mengetahui visi, misi danarah tujuan dari pembacaan tarot, apakah beraliran mistik atau ilmu pengetahuan.
  • Dengan memiliki sertifikasi Asosiasi Tarot Nusantara Indonesia (ATNI), kita dan orang lain akan tau bahwa ATNI mempunyai orientasi terhadap kajian-kajian berdasarkan ilmu pengetahuan khususnya psikologi, sehingga anggapan bahwa Tarot sebegai media mistik akan terhapus.

Apakah ada lembaga diIndonesia yang yang memberikan sertifikasi Tarot Nusantara ?

Ya, namanya Asosiasi Tarot Nusantara Indonesia (ATNI)

Berdiri  Tanggal 07 Juli 2007 dan dituangkan padaakte Notaris no 4/2007 tanggal 5 Nopember 2007 dihadapan Notaris Asnahwati Herwidhi SH dikukuhkan oleh Bp. Walikota Jogjakarta, Bp. H. Herry Zudianto,SE.MM di Jogyakarta (sebelumnya bernama Association of Diviner Tarot Indonesia)

Kurikulum Pelatihan SertifikasiTarot Nusantara

A. PELATIHAN TAROT PSIKOLOGI tkt BASIC (Certified Tarot Reader/CTR) – 7 jam

  1. Memahami Dasar-Dasar Tarot tinjauan Psikologi:

Demitosisasi tarot ( Tarotsebagai metode yang ilmiah dan alamiah, bukan mistik dan ramalan);- Memahami seni wacana tarot dengan pendekatan psikologi Jungian (prinsip sinkronitas, empat tipologi Jung, arketipe,dsb.); – Memahami dinamika dan cara kerja tarot yang berkaitan dengan pikiran bawah sadar.

  1. Memahami Kartu Tarot Nusantara:

Mengenal sejarah kartu tarot dan asal mula ‘mashab’ tarot psikologi;- Mengenal dan memahami kartu arcana mayor-minor dan hubungan dengan arketipe dan 4 tipologi Jung;- Mengenal dan memahami tebaran dasar.

  1. Menguasai Analisis Tebaran Dasar:

Menguasai analisis tebaran satu, dua, tiga, lima dan tujuh;- Menguasai analisis tebaran dan mengasah intuisi dengan jawaban “ya” atau“tidak” serta mengsinkronkan dengan media pendulum;- Praktik dan pendampingan dan Ujian sertifikasi:- Mengintepretasikan dan kemampuan membaca tiap-tiap kartu

 

B. PELATIHAN TAROT PSIKOLOGI tkt INTERMEDiATE (Certified Tarot Counselor/CTC) – 12 jam

  1. Memahami Dasar-Dasar Konseling Tarot Psikologi:

Memahami prinsip-prinsip konseling; Memahami teknik-teknik konseling melalui kartu tarot; Memahami kode etik konseling tarot psikologi.

  1. Memahami dan mengetahui poladinamikakepribadian:

Mengenal tebaran Celtic Cross; Memahami tebaran dan dinamika tebaran Celtic Cross; Teknik analisis tebaran Celtic Cross untuk konseling tarot psikologi;- Mengevaluasi program pikiran bawah sadar pada diri sendiri melalui tarot& MBTI;- Memahami diri sendiri berupa potensi, kekuatan serta kelemahannya :- Memahami orang lain serta berelasi secara tepat sesuai dengan tipe Kepribadian;- Memogram pikiran bawah sadar dan arketipe tarot psikologi

  1. Memahami permutasian kartu sebagai sarana evaluasi diri bagi klien:

Mengenal teknik permutasian kartu tarot; Memahami dinamika teknik permutasian kartu tarot: – Teknik analisis permutasiankartu tarot untuk evaluasi diri.

  1. Memahami Diri, Orang Lain dan Preferensi berdasarkan MBTI *)

Eksplorasi 16 TipeKepribadian: Ekstrover- Introver ; Sensing-Intuitif ; Thinking-Feeling;Judging- Perceiving;- Membangun Relasi,komunikasi dan Sinergi denganorang lain & tim;- Program pikiran bawah sadar & archtipe tarot psikologi; praktek dan Pendampingan Tarot dengan hasil analisa MBTI (Myers-Briggs Type Indicator)

  1. Materi Tambahan : Hipnoterapi sebagai pola terapan lanjutan (tentatif)

Mere-edukasi pikiran bawah sadar melalui hipnoterapi; Dasar-dasar hipnosis dan hipnoterapi; Teknik hipnoterapi (pre-induction, test suggestibility, induction,deepening, trance level test, suggestion, dan awakening); Praktik hipno-tarot dasar (aplikasi hipnoterapi untuk mere-edukasi pikiran bawah sadar berdasar hasil wacana tarot); Praktik dan Pendampingan; Ujian sertifikasi : Kemampuan menganalisa dinamika kepribadian & terapan hipnosis langsung

 

C. PELATIHAN TAROT PSIKOLOGI  tkt ADVANCE (Certified Tarot Master) – 12 jam

  1. Memahami Pendekatan Psikologi Transpersonal dan Kartu Tarot:

Mengenal dan memahami psikologi transpersonal; Memahami Vibrasi, Resonansi, dan Law of Attraction;- Memahami Sub kepribadian dan Fractal (pola kehidupan berulang).

  1. Studi tarot nusantara dengankehidupan masa lalu, masa sekarang,dan masa depan:

Tarot dengan kehidupan masa lalu, masa sekarang dan masa depan; Pemahaman seni wacana tarot dan kehidupan masa lampau;- Prinsip dan batasan seni wacana tarot untuk mengungkap keterkaitan kehidupan masa lampau, masa sekarang,dan masa depan.

  1. Mengenal dan memahami kartu tarot untuk mengungkap keterkaitan kehidupan masa lampau, sekarang,dan masa depan:

Mengenal bermacam tebaran kartu tarot untuk mengungkap keterkaitan kehidupan masa lampau, masa sekarang,dan masa depan;- Memahami dinamika bermacamtebaran kartu tarot untuk mengungkap keterkaitan kehidupan masa lampau, masa sekarang,dan masa depan; – Teknik analisis bermacam tebaran kartu tarot untuk mengungkap keterkaitan kehidupan masa lampau, masa sekarang,dan masa depan; – Tebaran Kala Cakra dan lainnya untuk mengungkap keterkaitan kehidupan masalampau, masa sekarang, dan masa depan.

  1. Me-release emosi negatif masa laluyangberdampak pada kehidupan sekarang:

Memahami regression (age regression dan past life regression);- Teknikr egression untuk penyembuhan pikiran bawah sadar klien;- Rambu-rambu penggunaan regression dalam hipnoterapi; Praktik hipno tarot intermediate (teknik regression yang berguna untuk me-release emosi masa lalu untuk menindak lanjuti wacana tarot); Praktik dan Pendampingan.

  1. Ujian serifikasi : Kemampuan terapi dan kode etik

*Masing- masing pelatihandenganujian sertifikasi.

KELAS TERAPAN

  1. Pelatihan Tarot PsikologiUntuk Bisnis (Certified Tarot Bussiness).
  2. Pelatihan Tarot PsikologiUntuk Kesehatan (Certified Tarot Healing).
  3. Pelatihan Tarot PsikologiUntuk Pendidikan (Certified Tarot Education).

Syarat:peserta minimal telah mengikuti Pelatihan Tarot Psikologi Tingkat BASIC

Fasilitas yang diperoleh bagi peserta :

  • 1 set kartu tarot nusantara,
  • Personality in Tarot Nusantara & Psychological Test, (Tipe Kepribadian dalam kajian tarot nusantara dengan arketipe dan alat test psikologi MBTI), tentatif
  • Tarot; Past, Future & Life (Sebuah Kajian kehidupan masa lalu, sekarang dan perspektif masa depan), tentatif
  • Tarot Psikologi (Menemukan Jati Diri, Konseling dan Hipnosis Terapan),
  • The Real Art ofTarot (Seni Membaca Pikiran dengan Kartu), -tentatif
  • Modul pelatihan,
  • Kumpulan kata kunci interpretasi simbol gambar
  • Media Pendulum,
  • Softcopy alat test Psikologi MBTI (lembar jawaban, soal dan hasil penilaian)
  • Serta sertifikasi ATNI (Asosiasi Tarot Nusantara Indonesia) tingkat CTR, CTC, CTM maupun CTB, CTH atau CTE

Investasi

Sertifikasi CTR – Rp. 1.500.000,-

Sertifikasi CTC – Rp. 3.500.000,-

Serifikasi CTM – Rp. 5.000.000,-

Juga membuka Privat minimal 2 orang yang dapat disesuaikan dan disepakati waktu serta tempatnya

 

Bagi anda yang menginginkan pelatihan sertifikasi  baik secara pribadi (PRIVATE) atau bersama, bisa menghubungi : 0813 28 707876 / 0857 2574 4857 /0878 3871 6275

Email :

Alamat : Jalan Rakai Warak II/3 no. 234 Komp. Gunung Sempu Jogjakarta 55183

 

Link YOUTUBE, silahkan di klik

 

fiyii